Tips Desain Grafis Esensial untuk Pemula


Tips Desain Grafis Esensial untuk Pemula - Desain grafis bisa tampak seperti tugas yang berat mengingat banyaknya teknik dan perangkat lunak yang digunakan. Ketika datang ke perangkat lunak profesional seperti Adobe Illustrator atau Photoshop, apa yang tampak seperti proyek kreatif yang menyenangkan dapat dengan cepat berubah menjadi tugas yang menakutkan yang harus dilakukan.
Untungnya, dengan penggunaan teknologi yang terus berkembang, semakin banyak perangkat lunak dirilis untuk membantu dengan desain grafis dari desainer berpengalaman hingga yang belum berpengalaman. Berikut adalah tips desain grafis penting untuk membantu Anda melalui proyek desain berikutnya.
Pilih warna yang kontras
Warna bisa sulit. Tujuan dari desain Anda adalah untuk menarik perhatian audiens target Anda dan membangkitkan emosi tertentu. Warna yang Anda pilih akan memiliki pengaruh kuat pada reaksi audiens Anda terhadap desain Anda. Dengan mengingat identitas merek Anda, pertimbangkan memilih palet warna kontras tinggi untuk membuatnya menonjol.
Warna kontras tinggi terletak tepat di seberang satu sama lain pada roda warna, seperti merah dan hijau. Pertimbangkan untuk mencocokkan warna font Anda atau elemen grafis lainnya dengan gambar latar belakang Anda untuk menciptakan tampilan yang kohesif.
Tetap sederhana dengan font
Ketika datang ke desain, keterbacaan sangat penting. Anda tidak harus membatasi diri Anda pada satu font saja, tetapi cobalah untuk tidak menggunakan lebih dari dua dan menyimpannya dalam keluarga font yang sama. Jika Anda menggunakan dua font, gunakan satu untuk teks header dan satu untuk teks isi.
Lakukan percobaan dengan berbagai font yang dimuat sebelumnya dalam perangkat lunak desain Anda atau pertimbangkan untuk mengunduh font gratis dari sumber online. Font yang lebih bergaya adalah semakin sulit untuk dibaca.
Tujuan mendasar dari teks dalam desain adalah untuk mengkomunikasikan informasi sehingga penggunaan font yang sulit dibaca dapat membahayakan pesan yang ingin Anda kirim. Ingatlah bahwa tidak semua font tersedia untuk penggunaan komersial, jadi pastikan untuk memeriksa lisensi sebelum menggunakannya dalam proyek Anda.

Bagaimana Tips Desain Grafis Esensial untuk Pemula?

Gunakan ruang putih
Sesuai dengan tema warna, memanfaatkan ruang putih adalah tip desain grafis yang hebat, terutama bagi mereka yang kurang berpengalaman. Ini membantu menunjukkan kesederhanaan dengan berfokus pada satu elemen tanpa ada yang mengalihkan perhatian darinya. Anda tidak perlu khawatir tentang banyak elemen lain juga.
Buat sketsa dan pindai
Jika Anda membuat sketsa desain dengan cara lama, pastikan Anda memindai ke komputer Anda.
Memanfaatkan teknik desain datar
Desain datar adalah teman Anda! Gaya desain ini telah menjadi semakin populer selama bertahun-tahun yang sangat bagus untuk pemula dan desainer berpengalaman. Setelah pindah ke tampilan yang lebih berkelas, desain datar memungkinkan rasa penyelarasan dan jarak yang lebih baik untuk hasil desain yang hebat dengan proses yang mudah!
Gunakan ikon
Ikon dapat membantu menarik perhatian ke bagian tertentu dari suatu desain. Jika Anda mencoba membuat orang mengikuti Anda di media sosial, tambahkan ikon yang dapat dikenali secara instan untuk setiap platform sehingga audiens Anda dapat segera mengidentifikasi nama pengguna Anda. Ikon bisa menjadi elemen yang hebat untuk meningkatkan kualitas tanpa menambahkan terlalu banyak jika desain Anda lebih sederhana. Demikianlah Artikel tentang Tips Desain Grafis Esensial untuk Pemula semoga bermanfaat.